Pengaruh Jargon Berita Online Terhadap Kesadaran Individu Tentang Isu Perubahan Iklim

Penyematan jargon dan pembingkaian berita online dinilai sebagai upaya yang dapat membantu pemahaman generasi muda menyadari perubahan iklim, secara khusus di Indonesia. Dari beragam penelitian tentang efek bingkai berita, diketahui bahwa sebuah bingkai berita memiliki efek kognitif bagi individu yang membacanya, termasuk efek jargon. Penggunaan jargon perubahan iklim dan pemanasan global menghasilkan kesadaran perubahan iklim secara berbeda. Generasi muda mengalami langsung dampak perubahan iklim saat ini, seharusnya mereka semakin memiliki kesadaran tentang perubahan iklim. Namun, hasil penelitian yang dilakukan di Amerika dan Eropa menunjukkan belum banyak generasi muda yang memiliki pengetahuan yang baik tentang perubahan iklim. Pembingkaian pesan dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran perubahan iklim di generasi muda. Penelitian ini mengkaji ada tidaknya pengaruh di antara penggunaan jargon dan bingkai berita online terhadap kesadaran perubahan iklim generasi Z dalam dua uji eksperimen. Hasil uji eksperimen pertama (N=112) menunjukkan bahwa baik jargon maupun bingkai berita online bukan variabel yang memberikan berpengaruh bagi kesadaran perubahan iklim generasi Z. Namun, hasil uji eksperimen kedua (N=110) menunjukkan adanya pengaruh bingkai berita online terhadap kesadaran perubahan ikim generasi Z. Perbedaan desain eksperimen menunjukkan hasil yang juga berbeda.