Youtube Vlog Endorsement for Indonesian Tourism.

Youtube adalah situs multimedia yang memungkinkan pengguna mengunggah, berbagi, dan melihat video. Pertumbuhan pesat pengguna Youtube membuktikan bahwa media yang dipersonalisasi telah menjadi mainstream. Di bulan Agustus 2017, Google Indonesia mengumumkan bahwa pengguna aktif Youtube di Indonesia telah mencapai 50 juta pengguna.  Vlogs (blog video), video musik, dan iklan menggunakan Youtube sebagai hub untuk konten, kreativitas dan kinerja (Burgess&Green, 2009). Youtube telah memunculkan generasi komunikator baru –Generation Connected atau “Gen C”. Video viral di Youtube yang berisi konten yang ‘terasa baru’, ‘asli’, ‘segar’ dan ‘spontan’ sering dianggap sebagai konten buatan penggunan (user generated content/UGC) dan sebuah materi online yang dibuat oleh pengguna yang ingin mengekspresikan dirinya serta untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya secara online.  Keberadaan para Youtuber yang berfokus membuat konten mengenai traveling disebut dengan travel vlogger dan para vlogger ini memiliki ratusan ribu bahkan mungkin jutaan pengikut di akunnya. Vlogger-vlogger ini diharapkan dapat membantu memberikan pengaruh positif terhadap brand endorsement destinasi wisata di Indonesia.