The Co-Working Space As A Business With Higher Purposes (Case Study Of Co-Working Spaces In Jakarta)

Semenjak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015, coworking space telah menjelma menjadi suatu solusi ruang kerja yang mengatasi dilemma antara bekerja secara tradisonal di kantor dengan bekerja secara mandiri di rumah tapi
terisolasi secara sosial. Coworking space tidak hanya menawarkan fleksibilitas bekerja tapi juga berperan dalam menciptakan ekosistem kolaboratif yang membantu anggota komunitasnya untuk saling berkolaborasi dan berbagi
pengetahuan, ide dan juga jaringan bisnis yang potensial. Penelitian terdahulu mengenai coworking space lebih banyak membahas nilai lebih dari coworking dari perspektif users, akan tetapi masih sedikit penelitian yang membahas proses
penciptaan nilai manfaat dari perspektif coworking space sebagai host. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan cross reference mengenai penciptaan nilai manfaat coworking spaces dari perspektif host, dengan mengeksplorasi
proses penciptaan nilai coworking sebagai salah satu bentuk bisnis yang conscious. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap tiga host coworking space di daerah Jakarta. Hasil
penelitian di semua studi kasus menunjukkan bahwa host coworking space mengelola bisnisnya lebih dari sekedar hanya mencari keuntungan dari hasil sewa ruang kantor semata, host coworking dalam ketiga kasus mengelola
bisnisnya secara conscious untuk memastikan anggota komunitas, sebagai stakeholders mendapatkan sumber daya yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka.