Incremental Inductive Learning Of Answer Set Programs For Maps Generation Problems

Procedural Content Generation (PCG) merupakan pendekatan yang digunakan untuk menggantikan perancang dalam proses pembuatan konten permainan. Sebagai salah satu upaya untuk mencari pendekatan PCG yang lebih baik, dalam penelitian digunakan metode Inductive Learning (IL) pada Answer Set Programs (ASP). Dalam penelitian, metode IL pada ASP digunakan dengan mendefinisikan proses pembelajaran secara incremental. Berdasarkan definisi proses pembelajaran secara incremental, metode IL pada ASP digunakan untuk mempelajari sekumpulan rule terkait dengan pembuatan peta permainan. Proses pembelajaran secara incremental dilakukan dengan memecah sebuah tug as pembelajaran IL pada ASP ke dalam kumpulan tugas pembelajaran dalam barisan iterasi pembelajaran. Untuk mempercepat proses pembelajaran, pencarian solusi dari tugas-tugas pembelajaran pada iterasi yang sarna dilakukan secara asinkron (tidak saling menunggu antara yang satu dengan yang lain). Berdasarkan definisi dari proses pembelajaran secara incremental, dengan merepresentasikan sekumpulan peta permainan acuan secara deklaratif sebagai contoh positif dan contoh negatif dibuat sebuah skenario pembelajaran yang akan menghasilkan sekumpulan rule terkait dengan
pembuatan peta permainan. Berdasarkan skenario pembelajaran yang akan dirancang, diharapkan metode IL pada ASP dapat menghasilkan sebuah answer set program yang dapat digunakan untuk menghasilkan variasi peta permainan yang memiliki karakteristik yang sarna dengan peta permainan acuan. Penelitian yang dilakukan berkontribusi dalam menemukan PCG barn yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada domainPCG.