Bloking Instrument dan Frekuensi Gamelan dalam Virtual Reality

Video 360 derajat adalah medium yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan karena perkembangan teknologi rekamnya sekaligus teknologi putarnya. Dan salah satu materi dalam video 360 derajat adalah konten musik yang terdapat di dalam video tersebut. Perkembang ini tidak dibarengi perkembangan metode tekhnik permainan pada komposisi music yang ada pada video 360 derajat tersebut karena metode tekhnik permainan pada komposisi musik yang digunakan masih mengadopsi metode tekhnik permainan pada komposisi yang ada yaitu yang mengunakan stage/panggung sebagai blok point of view. Penelitian ini berkonsentrasi pada hipotesis terhadap metode tekhnik permainan pada komposisi yang harusnya berkembang pada video 360 derajat, dimana point of view bukan berupa stage/panggung lagi. Diharapkan dari penelitian ini bisa memberikan sumbangan pada paradigm melihat dan mendengarkan musik yang berbeda buat siapapun yang mengunakan video 360 derajat sebagai mediumnya dalam menyampaikan komposisi music tersebut.