Studi Faktor Stickiness Penggunaan Facebook Pada Generasi X

Media sosial merupakan salah satu fitur internet untuk bertukar informasi secara digital yang akan dibahas pada penelitian ini. Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi user stickiness Facebook terhadap generasi X dengan rentan usia 39-51 tahun. Stickiness merupakan kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pengguna dan memperpanjang durasi dari setiap pemakaian.

Model yang akan digunakan pada penelitian ini melibatkan sembilan faktor yang mempengaruhi stickiness berdasarkan penelitian terdahulu, antara lain interaction quality, hedonic value, utilitarian value, sociability value, confirmation, perceived currency, perceived responsiveness, satisfaction, dan usage intention. Metode analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM).

Jumlah sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 200 sampel dari generasi X. Hasil penelitian terhadap sampel generasi X menunjukkan bahwa variabel satisfaction menjadi mediasi antara variabel hedonic value dan perceived currency terhadap stickiness. Kemudian, variabel stickiness menjadi mediasi antara satisfaction terhadap variabel usage intention.