RANCANG BANGUN GAMIFIKASI TANGGA INTERAKTIF UNTUK MENGUBAH KEBIASAAN MANUSIA

Gamifikasi merupakan proses yang ditempuh untuk menambahkan elemen
permainan di dalam suatu aktifitas, untuk meningkatkan partisipasi dan kepuasan
(user experience/UX). Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dampak
pengubahan kebiasaan seseorang dengan penggunaan gamifikasi. Pengubahan
kebiasaan ini nantinya dapat berdampak pada penghematan penggunaan energi
dan memberikan pengaruh positif pada kesehatan pengguna. Penelitian ini
dilakukan dengan membuat tangga interaktif dengan unsur gamifikasi berupa
tangga yang dapat mengeluarkan suara tangga nada/musik atau suara lain yang
dapat dipilih oleh pengguna tangga. Pemilihan suara dilakukan sesuai dengan
keinginan masing-masing dan disimpan pada basis data sistem. Target penelitian
adalah mahasiswa, dosen dan karyawan yang biasa memanfaatkan tangga dan
lift/elevator. Apabila pengguna melewatkan kartu pengenal yang dilengkapi RFID
ke sistem, tangga akan memainkan tangga nada atau suara yang telah dipilih
sebelumnya. Tinggi atau rendahnya suara akan tergantung dari anak tangga yang
dipijak. Dengan diberikannya elemen permainan ini diharapkan pengguna lebih
tertarik untuk menggunakan tangga dibandingkan menggunakan lift/elevator.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh
gamifikasi dengan elemen suara. Parameter ini akan menunjukkan perilaku
manusia yang mencari kenyamanan apakah dapat dimodifikasi sehingga akan
menghasilkan penghematan dari sisi penggunaan energi lift/elevator tanpa
menimbulkan keluhan dari pengguna. Luaran yang dihasilkan adalah sistem
gamifikasi pada tangga interaktif, makalah seminar, bahan ajar embedded system
dan publikasi pada jurnal nasional.