Rancang Bangun dan Implementasi Aplikasi Mobile Chatbot Berbasis Artificial Intelligence Markup Language

Untuk menjawab atau memberikan informasi yang diinginkan oleh konsumen, pemilik
usaha menyediakan layanan pencarian informasi berupa live chat atau obrolan langsung
dengan petugas customer service. Namun dengan bertambahnya jumlah konsumen, maka
diperlukan waktu dan sumber daya yang lebih banyak agar tingkat kepuasan konsumen tetap
terpenuhi. Oleh karena itu, chatting robot yang juga dikenal dengan chatbot, digunakan untuk
memberikan solusi dan layanan pencarian informasi tanpa menggunakan tenaga manusia.
Chatbot dapat memberikan sebuah percakapan yang cerdas dengan manusia melalui bahasa
manusia dan dapat memberikan respon jawaban atau informasi dengan cepat dan tepat untuk
pengguna.
Dalam penelitian ini, mobile Chatbot dirancang bangun dengan berbasis Artificial
Intelligence Markup-Language (AIML) dan diterapkan di Department Marketing & Business
Development UMN. AIML merupakan bahasa berbasis XML sehingga pengetahuan dasar
dapat diberikan sebagai masukkan untuk chatbot. Produk purwarupa mobile chatbot ini akan
digunakan oleh Kompas Gramedia dalam menjawab pertanyaan pelanggan berdasarkan
frequently asked question (FAQ). Tingkat kesiapan teknologi (TKT) dari hasil penelitian ini
masuk dalam TKT 6, purwarupa mobile chatbot dapat diterapkan dan bermanfaat untuk mitra
industri. Selain itu metode dan algoritma yang berhasil diterapkan di penelitian ini akan dapat
dikembangkan lebih lanjut.
Hasil penelitian yang akan dijalankan dalam waktu 3 tahun ini terdiri dari luaran wajib
yaitu purwarupa mobile Chatbot (tahun 1), dokumen feasibility study (tahun 2 dan 3) dan
luaran tambahan berupa publikasi di jurnal ilmiah Internasional dan prosiding seminar
Internasional (tahun 1, 2 dan 3), serta Hak Cipta (tahun 3). Penelitian ini akan dilakukan
dalam 3 tahapan.
Pada tahun pertama, peneliti melakukan rancang bangun mobile chatbot berbasis
AIML dengan menerapkan algoritma Nazief & Adriani. Algoritma ini merupakan algoritma
yang paling singkat untuk memproses data pertanyaan dalam Bahasa Indonesia.
Pada tahun kedua, pembangunan knowledge based untuk mobile chatbot dilakukan
melalui perancangan semantik berbasis ontology guna mengetahui makna sebenarnya dari
pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Perancangan semantik berbasis ontology ini
digunakan untuk meningkatkan akurasi dalam mengartikan makna kata pada sebuah kalimat.
Pada tahun ketiga, perancangan semantik pada mobile chatbot diterapkan di Kompas
Gramedia serta dilakukan evaluasi dan validasi terhadap mobile chatbot berbasis AIML ini.