PERANCANGAN PRINT AD MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL ANAMORPHIC

Visual dengan teknik anamorphic merupakan penyajian ilustrasi yang diproyeksikan dengan prespektif
terdistorsikan yang hanya berfungsi efektif pada sudut tertentu. Seniman street art sudah menggunakan
teknik ini dengan menggambar visual pada trotoar jalanan di banyak kota di dunia dengan tujuan untuk
memuaskan mata pemirsanya. Selama ini teknik perspective grid hanya banyak ditemukan di lingkungan
arsitektur untuk memperlihatkan kesan sebenarnya pada ilustrasi desain bangunan. Pada penelitian ini
akan dikembangkan teknik visual anamorphic yang diaplikasikan pada media konvensional untuk
mempersuasif orang, artinya ada muatan tertentu yang tidak hanya menyajikan kepuasan seperti seniman,
tetapi dapat mempersuasi khalayak untuk membuat keputusan. Media konvensional yang akan
dikembangkan adalah Print Ad yang mulai tergerus oleh media digital yang sangat persuasi secara
tampilan, oleh karena itu sangat dibutuhkan inovasi untuk memunculkan kebaruan pada media ini agar
tetap eksis keberadaannya sebagai media efektif untuk menyampaikan pesan.
Print ad pada penelitian ini dikembangkan dengan pendekatan eksperimen untuk memunculkan
kemungkinan teknik visual anamorphic dapat dikembangkan. Tujuan yang ingin dicapai adalah dapat
memberikan kebaruan pada media konvensional agar dapat tetap eksis sebagai media penyaluran pesan
yang efektif dan memberikan sumbangsih pada dunia periklanan dan Desain Komunikasi Visual di tanah
air dan dunia.