MODEL BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING BERTUJUAN KHUSUS KOMUNIKASI BISNIS

Kesenjangan komunikasi antara tenaga kerja asing (TKA) dan masyarakat pekerja
Indonesia dapat teratasi dengan adanya proses belajar bahasa Indonesia dengan bahan ajar
yang mudah dipahami dan menarik. Alih-alih bisa berkomunikasi bisnis dengan baik, para
TKA yang ingin belajar bahasa Indonesia justru dihadapkan pada kelangkaan bahan ajar
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), terutama bertujuan khusus komunikasi bisnis.
Pun para pengajar merasakan kesulitan yang sama dalam pengadaan bahan ajar tersebut.
Beberapa bahan ajar seperti karya BIPA UMN, BIPA Dahsyat, BIPA Badan Bahasa,
BIPA UI, BIPA Malang, dan penelitian tentang bahan ajar BIPA telah banyak dilakukan
seperti Liliana Muliastuti (disertasi), Azza Aulia Ramadhani (tesis), dan Riqoh Fariqoh
(artikel ilmiah), tetapi bahan ajar dan hasil penelitian bersifat umum dengan topik-topik
berkisar pada kehidupan sehari-hari. Standar kompetensi yang digunakan sebagai landasan
pun menggunakan standar bahasa-bahasa di Eropa dan Australia, bukan standar kompetensi
bahasa Indonesia sendiri yang telah dirancang oleh Badan Bahasa.Oleh karena itu, penelitian
pengembangan yang menggunakan standar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)
dengan judul “Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bertujuan Khusus Komunikasi Bisnis
bagi TKA di BIPA Bisnis UMN” ini sangat diperlukan di tengah maraknya minat orang asing
belajar bahasa Indonesia, tetapi kehadirannya justru berada di tengah kelangkaan buku-buku
ajar BIPA Bisnis.
Karena belum pernah ada yang meneliti, maka penelitian yang akan dilakukan
selama satu tahun ini, akan memberikan informasi yang berbeda dan baru sehingga
bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam hal pengayaan bahan
ajar BIPA Bisnis melalui pendekatan campuran kualitatif-kuantitatif dan metode Research
and Development (R & D). Adapun capaian luaran penelitian yang menggunakan
pengembangan model Borg dan Gall, Hutchinson dan Waters, dan Barnazd dan Zemach, juga
Richards ini adalah buku ajar BIPA Komunikasi Bisnis yang dilengkapi dengan buku siswa
agar mempermudah proses pembelajaran juga pedoman bagi guru agar mudah dalam proses
mengajar. Buku ajar yang berjumlah lengkap dengan media ajar multimedia yang disesuaikan
dengan perkembangan zaman seperti game interaktif dan komunikatif yang akan didaftarkan
hak kekayaan intelektualnya dan dipublikasikan sebagai artikel ilmiah di jurnal internasional.