KAJIAN TIPOGRAFI PADA BRANDING PLACE DI INDONESIA

Tipografi sebagai elemen visual dengan karakter yang sarat akan makna sudah digunakan berabad-abad lamanya dalam komunikasi manusia. Konsep khusus biasanya digunakan dalam penggunaan tipografi sebagai identitas visual, seperti pada identitas korporasi maupun identitas pada produk. Branding place merupakan implementasi konsep pada identitas sebuah tempat yang banyak digunakan di kota-kota besar di dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan tipografi pada branding place di area publik di tanah air sedang menjadi trend, banyak ditemukan deretan tipografi sebagai sebuah identitas pada taman-taman kota, landskap kota bahkan tempat pariwisata. Namun penggunaan tipografi tersebut merupakan representasi sebuah konsep atau hanya sekedar deretan teks biasa yang ditempatkan hanya sebagai penanda tempat belaka. Hal tersebut akan dikaji pada penelitian kali ini dengan melihat latar belakang pembuatan dan penempatan huruf yang ada di kota-kota besar Indonesia, khususnya pulau Jawa