ANALISIS STRATEGI KREATIF VISUAL IKLAN LUAR RUANG KAMPANYE PILKADA DKI 2016

Kota Jakarta merupakan barometer bagi bangsa Indonesia baik dalam bidang ekonomi,  teknologi, industri kreatif dan termasuk juga politik. Peta persaingan politik di kota Jakarta dirasa sangat vital karena hal ini akan menentukan arah persaingan persaingan secara nasional. Tak heran focus pilkada langsung yang serentak 101 propinsi, kota dan kabupaten, pusat perhatian masyarakat lebih tertuju pada ibukota Jakarta. Pilkada DKI tahun 2017 ini diikuti oleh 3 pasangan calon yaitu pasangan pertama Agus- Silvy, pasangan kedua sebagai pasangan petahana adalah Basuki dan Djarot dan pasangan terakhir adalah pasangan Anies-Sandi. Dalam proses komunikasi kampanye, diperlukan sebuah srategi periklanan merupakan pesan - pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon audiens yang paling potensial atas produk barang atau jasa (Jefkins, 1997:5).

Dalam prosesnya membangun political branding melalui iklan diperlukan strategi-strategi khusus salah satunya strategi kreatif dalam penyampaiannya. Tampilan pesan visual dari iklan luar ruang kampanye ketiga paslon mengisyaratkan diferensiasi strategi kreatif yang ingin disampaikan ke masyarakat. Pesan-pesan visual yang muncul merupakan kumpulan tanda-tanda visual terkait satu sama lain (Fiske, 2007; 78). Bagi Saussure, tanda merupakan objek fisik dengan sebuah makna; atau untuk menggunakan istilahnya, sebuah tanda terdiri dari penanda dan petanda. Penanda adalah citra tanda seperti yang persepsi (eksistensi fisik) seperti tulisan di atas kertas atau suara di udara. Selain itu, petanda merupakan konsep mental yang diacukan petanda. Lebih lanjut menurut Frazer, ada enam strategi kreatif dalam iklan yaitu Preemptive, Unique selling propositions, brand image, Positioning, resonance, affective (Maoriarty, 2012:235). Dengan munculnya tanda-tanda visual yang muncul diharapkan akan bisa ditelisik gambaran strategi strategi visual yang yang digunakan oleh masing-masing pasangan calon dalam iklan berkampanyenya