MEMBANGUNAN MODEL UNTUK MENGUKUR E-LEARNING READINESS DI PERGURUAN TINGGI

E-learning merupakan bagian dari perkembangan teknologi informasi terutama dalam
dunia pendidikan. Implementasi e-learning di perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas

dalam pembelajaran. Namun belum semua perguruan tinggi mengimplementasikan e-
learning. Sementara itu, terdapat perguruan tinggi yang sudah mengimplementasikan e-
learning, masih belum dapat memberikan gambaran mengenai sejauh mana kesiapan

(readiness) terhadap implementasi e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mamahami
kesiapan implementasi e-learning dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat digunakan
untuk kesiapan implementasi e-learning. Untuk mewujudkan tujuan penelitian ini, dilakukan
tiga tahap utama, yaitu literature study, exploratory pilot study dan fieldwork experiment.
Pertama, literature study mengarah pada identifikasi masalah yang ada, teori pembelajaran
dan model pada pengukuran kesiapan implementasi e-learning. Kedua, exploratory pilot
study dilakukan mengarah pada penentuan faktor-faktor yang penting untuk pengukuran
kesiapan implementasi e-learning dengan menghasilkan model awal yang digunakan untuk
melakukan exploratory pilot study kepada 5 perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian
ini menunjukkan faktor-faktor keberhasilan kesiapan implementasi e-learning dan model
yang diusulkan akan digunakan sebagai tool pengambilan keputusan dari sisi kebijakan
dalam kesiapan implementasi e-learning dan pengembangan e-learning yang berkelanjutan di
perguruan tinggi.