AUGMENTED BOOK SEBAGAI MEDIA INFORMASI PROSES PEMBUATAN KERAMIK

Penelitian ini merupakan pengembangan lanjutan dari proses perancangan Augmented book berjudul “Inside The Studio” yang dilakukan pada tahun 2018. Augmented book merupakan sebuah wujud penggabungan antara media konvensional berupa buku dengan pendekatan yang cukup baru yaitu augmented reality. Perancangan ini dibuat atas dasar sebuah fenomena yang sedang terjadi bahwa sebagai negara yang memiliki banyak sentra industri keramik, institusi pendidikan kriya keramik, dan bermunculannya studio keramik mandiri di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung,  masih sedikit sekali media informasi proses pembuatan keramik yang disusun berdasarkan kondisi wilayah di Indonesia. Saat ini referensi buku pembelajaran yang digunakan masih mengacu kepada buku-buku asing yang mau tidak mau memiliki perbedaan material, proses pengolahan, dan aspek mendasar seperti cuaca. 

Selain informasi tekstual, buku ini menggunakan pendekatan audio visual yang dapat diakses dengan augmented reality melalui perangkat pintar berbasis Android. Perancangan augmented book ini menggunakan metode Instructional System Design (ISD) yang menjadikan pelajar (pengguna informasi) sebagai pusat orientasi sehingga dapat menghasilkan media pembelajaran yang efektif. Tahapan sistematis pada ISD melingkupi Analisis, Desain , Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Pada penelitian ini akan fokus kepada tahap evaluasi dari prototype yang telah dibuat menggunakan usability test dengan lama penelitian selama 12 bulan.