PERSONALISASI REKOMENDASI PRODUK PADA PLATFORM E-COMMERCE

Kegiatan penjualan dan pembelian barang saat ini mulai beranjak dari yang mulanya bersifat
offline menjadi online dengan menggunakan Internet, atau yang dikenal sebagai e-commerce.
Dengan semakin berkembangnya internet dan teknologi intelligent computing, e-commerce
semakin banyak digunakan. Pemilihan produk yang ditawarkan melalui platform e-commerce
merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi keputusan
pengguna dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, produk yang ditawarkan harus
memperhatikan kebutuhan pengguna, yang dapat diwakili oleh profilnya. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang dan membangun sistem rekomendasi produk pada platform e-
commerce berdasarkan profil dari pengguna. Terdapat beberapa metode yang dapat
digunakan untuk menghasilkan rekomendasi tertentu, diantaranya adalah Content-based
Filtering dan Collaborative Filtering. Pada penelitian ini, kedua metode tersebut akan
digunakan untuk menghasilkan rekomendasi produk yang dipersonalisasikan sesuai dengan
kebutuhan pengguna. Hasil rekomendasi diharapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dengan demikian, penjualan produk menjadi tepat sasaran dan pengguna mendapatkan
produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sistem rekomendasi ini akan diimplementasikan
pada platform e-commerce dan diharapkan dapat membantu pengguna maupun penyedia
produk.