Analisis Faktor-Faktor Penggerak Mobile Application Stickiness dan Implikasinya terhadap Word of Mouth Telaah pada young adult pengguna aplikasi music streaming premium Jabodetabek

Latar Belakang Di era digital ini perkembangan musik di Indonesia tergolong sangat cepat. Melalui teknologi membuat masyarakat dapat dengan mudah mengakses musik kapan saja dan dimana saja. Hal ini mendoron.g perubahan perilaku masyarakat dalam menikmati musik dari bentu.k CD menjadi unduhan lagu berformat MP3. Namun, kini hasil unduhan lagu mulai dirasa kurang nyaman karena device haru.s menyiapkan ruang lebih sebagai penyimpanan datanya (Viva,2017). Oleh karena itu„SYreaming atau memutar lagu langsung secara online mulai lebih ban.yak diminati. Indonesia sendiri dianggap sebagai pasar terbesar se-Asia Tenggara untuk pasar music streaming berbayar. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang besar dan penetrasi internet yang masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara (Youngsters, 2016). Selain itu, menurut Benny Ho (2015) pertumbuhan pengguna layanan streaming music via smartphone di Indonesia meningkat sebanyak 76% sejak tahun 2012 hingga 2015 (Liputan6, 2015). Hal Ini mengindikasikan bahwa Indonesia dapat menjadi pasar yang kuat untuk layanan music streaming. Peningkatan jumlah pengguna layanan music streaming via smartphone di Indonesia mendorong munculanya penyedia jasa layanan aplikasi music streaming seperti Guvera,Spotify, Joox, Melon, Ohdio, Langit Music, Apple Music dan Deezer di Indonesia (Kompas, 2016). Dengan semakin berkembanganya penyedia musie streaming berbasis aplikasi tersebut membuat persaiangan diantara penyedia jasa music streaming akan semak.in meningkat. Oleh karena itu, penyedia jasa mrr.sic streaming harus mampu memahami perila.ku penggunanya dalam memanfaatkan sebtiah aplikasi agar mendatangkan keuntungan melalui penggunaan aplikasi tersebut dalam jangka panjang.