KETERLIBATAN POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PILKADA PROVINSI DKI JAKARTA

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi politik yang penting dan strategis dalam pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2017. Media sosial seperti twitter, facebook dan instagram merupakan alternatif pilihan bagi calon kepala daerah untuk berkomunikasi dengan konstituennya, terutama pemilih pemula. Fenomena penggunaan media sosial oleh calon kepala daerah menarik dikaji dari sisi pengguna media sosial, yakni apakah pemilih pemula tertarik untuk melihat akun-akun media sosial yang dimiliki oleh calon kepala daerah maupun akun-akun yang dibuat para pendukungnya ? apakah mereka aktif berkomunikasi melalui akun-akun media sosial yang dimiliki calon kepala daerah maupun pendukungnya ? Sebaliknya dari sisi calon kepala daerah, pesan-pesan seperti apa yang dikomunikasikan melalui akun mereka sehingga bisa menarik minat pemilih pemula terlibat dalam akun mereka ? Penelitian ini dilakukan dengan metode survey  melalui kuesioner dan analisis isi terhadap akun-akun yang dimiliki calon kepala daerah dan interaksi yang dilakukan.