Analisis Strategi Pengelolaan Event oleh Harian Kompas untuk Meningkatkan Brand Awareness Kompas.Id: Studi Kasus Borobudur Marathon 2020

Perkembangan teknologi komunikasi berdampak pada turunnya penggunaan media konvensional sehingga banyak perusahaan media perlu menyesuaikan diri. Harian Kompas sebagai perusahaan media utama di Indonesia menyediakan layanan media digital Kompas.id yang dimulai pada tahun 2017. Selama tiga tahun perkembangannya, Minat Beli Kompas.id masih perlu ditingkatkan terutama bagi khalayak muda yang cenderung menggunakan media digital. Untuk itu Harian Kompas memanfaatkan event tahunan Borobudur Marathon untuk mengampanyekan Kompas.id. Pada tahun 2020 event ini diselenggarakan secara daring
maupun luring (hybrid) karena adanya pandemi Covid-19. Hal tersebut menjadi daya tarik penelitian karena mengandung unsur kebaruan tentang bagaimana memasarkan produk digital dengan framing event internasional yang dilakukan secara hybrid. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan akan dilakukan wawancara mendalam dengan Key Informan yang mengetahui strategi dan pelaksanaan event tersebut. Penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana strategi pengelolaan event dengan target dan situasi di atas, dengan mengacu pada model perencanaan dari Goldblatt. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai penelitian dasar yang dimuat dalam artikel jurnal nasional.