KAJIAN STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL PERGURUAN TINGGI VOKASI SWASTA

Memasuki era revolusi industri 4.0, Indonesia berbenah dengan melakukan akselerasi
pengembangan dan penguatan sumber daya manusia. Hal ini ditunjukkan melalui upaya
pemerintah mengembangkan pendidikan vokasi sebagai pendidikan unggulan yang mampu
menjawab kebutuhan industri terhadap tenaga kerja yang memiliki keterampilan yang relevan
dengan tantangan kini dan masa depan. Hingga saat ini jumlah perguruan tinggi vokasi
khususnya swasta masih sangat terbatas, salah satu penyebab utamanya adalah masih
rendahnya minat masyarakat untuk melanjutkan studi vokasi dari jenjang sekolah menengah
atas. Beberapa temuan awal dari sebuah observasi mengindikasikan bahwa citra atau persepsi
perguruan tinggi vokasi yang berbeda (perception gap), atau memiliki brand value yang tidak
kompetitif. Maka dari itu, perguruan tinggi vokasi swasta memerlukan pendekatan strategi
komunikasi digital dan branding sebagai upaya untuk meningkatkan brand value. Penelitian
dasar ini merupakan penelitian awal yang bertujuan untuk mengumpulkan data melalui metode
campuran yang berkaitan dengan penentuan posisi pasar, pemetaan persepsi masyarakat dan
melihat relevansi penerapan brand experience terhadap brand value perguruan tinggi vokasi.
Kajian ini juga akan menekankan pada perencanaan media berbasis digital dan daring (online).
Pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif ini dilakukan melalui studi
kasus,wawancara, studi literatur, observasi dan survei terstruktur. Luaran penelitian dapat
digunakan sebagai rekomendasi bagi pengelola perguruan tinggi.