Analisis Strategi Kampanye Sosial Indorelawan Untuk Mengajak Menjadi Relawan (Studi Kasus Kampanye “Temali Project”)

Kampanye pemasaran sosial atau social marketing adalah salah satu strategi yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk turut menyelesaikan masalah-masalah sosial. Selain membangun nilai-nilai positif di masyarakat, pemasaran sosial juga menjadi bagian kegiatan tanggung jawab social perusahaan yang apabila dilakukan dengan baik maka akan menciptakan dan meningkatkan citra dan reputasi positif bagi perusahaan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh Indorelawan dalam mengembangkan kampanye pemasaran sosial “Temali Project” untuk mengajak masyarakat menjadi relawan. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi yang mendalam dan kemudian analisis yang komprehensif. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah Marsya
Nurmaranti – Direktur Eksekutif Indorelawan dan Rukita – Senior Project Officer Indorelawan. Penelitian ini juga akan mewawancarai tiga orang relawan sebagai nara sumber lain.

Penelitian ini diharapkan akan menjadi acuan untuk organisasi lain dalam mengembangkan kampanye pemasaran sosial. Secara akademis, penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan lain dalam penelitian kampanye pemasaran sosial. Penelitian-penelitian sebelumnya cenderung menggunakan metode kuantitatif yang mengukur dampak kampanye tetapi kurang menggali strateginya.