PENGARUH LOGO BARU TERHADAP BRAND AWARENESS DAN BRAND PERCEPTION MASYARAKAT KEPADA LEMBAGA (STUDI KASUS: LOGO BARU KEMENTERIAN BUMN)

Pada 1 Juli 2020, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo
baru. Sebagai suatu lembaga yang secara kolektif menguasai hajat hidup masyarakat, adalah
penting untuk mengkomunikasikan identitas lembaga, dan salah satunya melalui visual Logo.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah masyarakat sudah mengenali logo baru
Kementerian dengan baik, yang berarti bahwa logo sudah mewakili identitas lembaga (Brand
Awareness), dan menentukan apakah logo baru tersebut sudah membentuk suatu citra (image)
di masyarakat sesuai yang diinginkan oleh Lembaga. (Brand Perception). Untuk penelitian ini,
data dikumpulkan dengan menggunakan survei online terstandarisasi yang terdiri atas 20
pertanyaan pada suatu periode tertentu pada 200 responden. Analisis yang digunakan adalah
Analisa jalur (Path Analysis) yang merupakan sebuah metode untuk mengukur pengaruh
langsung di berbagai jalur dalam sistem yang dibangun dan bertujuan untuk menemukan sejauh
mana variasi efek yang diberikan oleh setiap variabel penentu dalam sistem tersebut, metode
ini juga bergantung pada kombinasi pengetahuan tentang tingkat korelasi antar variabel dalam
suatu sistem dengan kausalitas dari beberapa variabel tersebut.