PERANCANGAN POP KATEGORI STANDING ALONE DENGAN TEKNIK VISUAL ANAMORPHIC UNTUK MODERN RETAIL

Visual dengan teknik anamorphic merupakan penyajian ilustrasi yang diproyeksikan dengan
prespektif terdistorsikan yang hanya berfungsi efektif pada sudut tertentu. Seniman street art
sudah menggunakan teknik ini dengan menggambar visual pada trotoar jalanan di banyak
kota di dunia dengan tujuan untuk memuaskan mata pemirsanya. Selama ini teknik
perspective grid hanya banyak ditemukan di lingkungan arsitektur untuk memperlihatkan
kesan sebenarnya pada ilustrasi desain bangunan. Pada penelitian ini akan dikembangkan
teknik visual anamorphic yang diaplikasikan pada media Point of Purcahsed (POP) jenis
Standing Alone, yang biasa ada di modern market.
POP akan dikembangkan dengan pendekatan eksperimen untuk memunculkan
kemungkinan teknik visual anamorphic dapat digunakan dan berfungsi sebagaimana
mestinya di modern market. Tujuan yang ingin dicapai adalah dapat memberikan kebaruan
pada POP jenis Standing Alone, agar dapat tetap eksis sebagai media penyaluran pesan yang
efektif dan memberikan sumbangsih pada dunia Desain Komunikasi Visual di tanah air dan
dunia.