Analisa Dan Perancangan Media Belanja Online Untuk Pengguna Lansia

Dalam lingkup desain komunikasi visual, penelitian mengenai relasi antara pengguna usia pensiun (55-75 tahun) dan aplikasi digital belum banyak dilakukan khususnya yang menargetkan pada pola belanja online yang ditujukan untuk usia pensiun. Sehingga belum banyak studi mengenai desain visual yang mengidentifikasi perilaku belanja usia pensiun melalui toko online. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian terkait bagaimana pola konsumsi belanja online pada segmentasi usia pensiun dan desain interface yang mempengaruhi aktivitas pembelian barang untuk segmentasi pengguna usia pensiun sehingga dapat menghasilkan sebuah penelitian yang mampu menghasilkan solusi berupa prototype service design yang dapat ditawarkan untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yg ramah bagi pengguna usia pensiun. Penelitian ini menggunakan metode mix method dan pendekatan Research through Design(RtD) yang diimplementasikan dalam beberapa tahapan skematika perancangan desain. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi keilmuan digital desain yang dapat diaplikasikan pada media e-commerce khususnya pada pengguna usia pensiun di Indonesia.