Peningkatan Fungsi Persuasi Kemasan Melalui Redesain Kemasan Makanan Siap Pakai Jenis Botol Bagi Para Pelaku Usaha Umkm (Studi Kasus Kemasan Botol Produk Mbrebes Mili)

UMKM merupakan sebuah bidang usaha yang mulai mengalami peningkatan yang
cukup signifikan dan semakin berperan dalam sektor perekonomian Indonesia saat ini. Selain
itu, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa saat ini kontribusi produk UMKM dalam pasar
ekspor sudah mencapai 14%. Perkembangan ini menyebabkan banyaknya usaha-usaha jenis UMKM
yang bermunculan dan bersaing untuk memperoleh pasar sebanyak-banyaknya. Melalui peningkatan
ini, dibutuhkan adanya keunikan dan diferensiasi produk UMKM yang satu dengan yang lainnya agar
dapat semakin menonjol di pasar dalam maupun luar negeri. Salah satu hal utama yang paling menonjol
dalam sebuah produk adalah desain dan bentuk kemasannya. Menurut Klimchuck & Krasovec (2007),
kemasan merupakan alat identifikasi pemasaran yang memiliki fungsi diferensiasi atau
mengkomunikasikan perbedaan produk secara visual. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya inovasi baru
yang dapat meningkatkan kualitas desain maupun bentuk kemasan UMKM agar dapat semakin bersaing
di pasar dalam maupun luar negeri.