Preferensi Konsumen Dalam Memilih Hunian Bagi Kalangan Menengah di Kota Tangerang

Pertumbuhan jumlah penduduk dan perkembangan kegiatan perekonomian di kota
besar mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal. Peningkatan
kebutuhan ini terlihat pada fenomena semakin berkembangnya pasar properti di Indonesia
salah satunya hunian atau tempat tinggal. Seiring berkembangnya zaman, hunian atau rumah
tinggal tidak hanya berfungsi untuk memenuhi salah satu kebutuhan utama manusia yaitu
papan (tempat tinggal saja), akan tetapi hunian atau rumah tinggal juga berfungsi sebagai
sebuah investasi maupun aset. Hal ini mengakibatkan mulai adanya preferensi dari diri
konsumen yang berperan juga sebagai penghuni dalam menentukan hunian yang akan dihuni
dan atau dimiliki. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
preferensi dalam memilih hunian (housing preferences) khususnya produk properti rumah
tinggal (landed house) bagi kalangan menengah di kota Tangerang. Hasil penelitian diharapkan
dapat menjadi bahan masukan atau referensi dalam mendesain maupun menyediakan arsitektur
yang berkelanjutan (sustainable). Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
penyebaran kuesioner. Hal ini dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen kalangan
menengah dalam memilih hunian rumah tinggal (landed house) khususnya di kota Tangerang.
Target luaran dari penelitian ini berupa artikel ilmiah yang akan dipublikasikan dalam jurnal
Ultimart dari Fakultas Seni dan Desain UMN, maupun dipublikasikan dalam jurnal prosiding
atau skala internasional. Jenis penelitian yang diusulkan ini merupakan penelitian dasar dengan
skema half term yang akan dilaksanakan pada kurun waktu 5 bulan.