Design Adventure Role Playing Game with Procedural Content Generation using Perlin Noise Algorithm

Dalam menghasilkan sebuah konten video game yang berkualitas bukanlah sesuatu
hal yang mudah. Pada proses pembuatan konten game tersebut akan membutuhkanbanyak
sekali sumber daya, waktu yang lama dan biaya yang mahal. Masalah terse-but dapat diatasi
dengan menerapkan metode Procedural Content Generation atauPCG untuk menciptakan
konten game dengan menggunakan suatu algoritma ter- tentu tanpa harus membuatnya
secara manual. Pada penelitian ini menggunakan al-goritma Perlin Noise untuk membuat suatu
map dalam game yang dibangun. Peneli- tian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang dan
membangun game Adventure RPG menggunakan algoritma Perlin Noise, serta mengukur
tingkat kepuasan pe- main terhadap game yang telah dibuat. Game engine yang dipakai
dalam proses pembuatan game ini adalah Unity Engine 3D versi 2019 dengan bahasa

pemrogra-man C# pada platform windows. Setelah proses pembuatan game selesai akan di-
lanjutkan dengan melakukan suatu pengujian dengan menggunakan metode GameUser

Experience Satisfaction Scales 18 (GUESS-18) yang menyediakan 18 per- tanyaan untuk
mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pemain terhadap game yang dibangun dengan
PCG. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, didapatkan hasil akhir dengan nilai
sebesar 81,85 % yangmenunjukan bahwa gameyang telah berhasil dibangun masuk ke dalam
kategori predikat baik.