Strategi Social Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness pada Brand Fashion Lokal Russ & Co.

Industri fesyen lokal di Kota Bandung yang dijuluki Paris Van Java mengalami
perkembangan cukup pesat. Russ & Co. merupakan salah satu merek fesyen lokal yang
berasal dari Bandung. Dalam berkompetisi dengan kompetitor, maka Russ & Co.
berupaya melakukan komunikasi pemasaran secara konsisten dan terintegrasi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran media sosial Russ & Co. sebagai
merek fesyen lokal di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui
wawancara mendalam dari empat orang informan. Konsep pemasaran media sosial dari
Tuten & Solomon. Hasil penelitian menunjukkan Russ & Co. menggunakan media sosial
Instagram dan Tiktok untuk meningkatkan kesadaran merek dan minat beli. Adapun
strategi di Instagram antara lain seperti giveaway, iklan, hashtag, kolaborasi, dengan
influencer, dan memanfaatkan fitur yang tersedia. Strategi di Tiktok yaitu dengan
membuat video singkat mengenai informasi dengan memuat konten humoris. Hasil
penelitian dapat menyimpulkan bahwa Russ & Co. berhasil meningkatkan pertumbuhan
para followers, meningkatkan minat beli konsumen, serta menjadi best brand di Shopee
Mall Indonesia dalam kategori pakaian pria.