Childrens Basic Etiquette Learning in Mobile Application

Tingkat krisis nilai dan etika yang terjadi pada anak-anak masih cenderung banyak dijumpai di
masyarakat. Hal ini dapat dipengaruhi melalui pola asuh orang tua yang dapat diperhatikan
berdasarkan interaksi sehari-hari (cara berbicara dan berperi- laku). Dalam upaya untuk
meningkatkan pemahaman anak dapat dilakukan pem- belajaran yang diberikan melalui game
karena dinilai menjadi cara yang efek- tif dan mampu memberikan hiburan pada anak. Pada
penelitian ini digunakan modern method dari algortima Fisher-Yates Shuffle untuk pengacakan
soal kuis karena memiliki kompleksitas waktu linear dan kompleksitas ruang yang konstan.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan kuesioner kepada 38 responden, diper- oleh nilai
kepuasan pemain menggunakan metode perhitungan GUESS-18 sebesar 82.08% yang
merupakan nilai dengan predikat ’Baik’. Untuk perbandingan ni- lai kuis pada soal pre-test dan
post-test yang diberikan, terdapat 86.84 % pemain berhasil mengalami peningkatan terhadap
perkembangan etika setelah menyele- saikan pembelajaran melalui game My Little
Adventurer.