PERANAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER DALAM MEMBANGUN KESADARAN NETIZEN TENTANG ISU “CLIMATE CHANGE” DI INDONESIA

Isu climate change termasuk salah satu program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
yang tertuang dalam Sustainable Develoment Goals (SDGs). Indonesia yang terletak di sekitar
garis khatulistiwa termasuk negara yang cukup rentan dengan perubahan iklim. Penelitian ini
menganalisis peran social media influencer (SMI) sebagai key opinion leader dalam
membangun kesadaran netizen tentang isu perubahan iklim (climate change) terhadap
kehidupan masyarakat di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi
Kasus. Penelitian ini diharapkan mampu menemukan peranan SMI yang tepat dan proporsional
terkait dengan aktivitas yang dilakukannya di media digital. SMI dapat dilihat sebagai
manifestasi konsep Online Key Opinion Leader, Micro-Celebrity atau Selebritis Online yang
berpengaruh, terutama di kalangan generasi milenial dan generasi Z. Media sosial merupakan
salah satu medium digital yang sangat disukai oleh pengguna media sosial sehingga hampir
semua informasi yang viral adalah berkat peran dari SMI. Penelitian ini ditargetkan memiliki
luaran berupa artikel jurnal ilmiah dan prosiding di konferensi internasional atau nasional, serta
termasuk dalam jenis Penelitian Dasar selama 12 bulan.